Bertahun-tahun Anda direkomendasikan untuk mengkonsumsi protein whey sebelum dan sesudah latihan karena proses penyerapan protein whey sangat cepat. Tidak ada sumber protein lain yang dapat menyamai kecepatan penyerapan protein whey di dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa proses penyerapan dari protein whey memacu pertumbuhan otot lebih cepat daripada sumber protein lainnya. Jadi ketika Anda ingin proses pembentukan otot langsung dimulai ketika Anda selesai latihan, protein whey adalah protein terbaik pilihan Anda.

Lalu ada yang disebut kasein. Dalam protein susu, terdiri dari 20% whey protein dan 80% protein kasein. Protein kasein di dalam perut berubah menjadi bentukan padat ketika dicerna. Karena itu, proses pencernaan kasein di dalam tubuh menjadi sangat pelan dan lambat sehingga kasein berguna untuk mencegah proses penyusutan otot lebih baik daripada whey protein.

Karena proses pertumbuhan otot adalah keseimbangan dari sintesa protein atau pembentukan dengan proses katabolik atau penghancuran otot, maka menambah jumlah zat pembentuk otot dan mengurangi atau menghambat proses penghancuran otot akan menyebabkan perkembangan otot secara signifikan. Karena itu, kami menyarankan agar Anda mengkonsumsi kedua protein whey dan kasein dalam pola makan Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa kasein dapat berguna untuk dikonsumsi sewaktu berlatih. Penelitian di University of Texas Medical Branch menemukan bahwa ketika seseorang diberi 20 gram whey atau kasein setelah latihan angkat beban, kedua suplemen tersebut sama-sama menaikkan sintesa protein dengan rata-rata yang sama. Tetapi jangan langsung membuat kesimpulan bahwa kedua protein tersebut mempunyai efek yang sama. Penelitian menunjukkkan bahwa hanya whey protein yang sanggup dengan cepat menaikkan kadar insulin (hormon anabolik yang dapat menambah otot Anda dengan cepat).

Cara terbaik adalah dengan mengganti porsi whey Anda separuhnya dengan kasein, karena kedua protein tersebut mempunyai efek yang saling menguntungkan satu sama lain dalam proses pembentukan otot. Penelitian dari Baylor University menemukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi campuran antara whey dan kasein satu jam setelah latihan angkat beban selama 10 minggu mendapat kenaikkan massa otot secara signifikan daripada mereka yang hanya meminum whey protein saja.

Jadi, ambillah keuntungan dari kedua jenis protein tersebut. Minumlah sekitar 10 gram protein whey-kasein sebelum latihan dan 20 gram campuran protein whey-kasein setelah latihan untuk hasil yang maksimal. Pilihan lain adalah dengan mencari produk yang berisi campuran antara whey dan kasein seperti Protein Sensation 81 yang memiliki berbagai macam jenis protein dengan berbagai kecepatan penyerapan.

date Rabu, 11 April 2012

0 komentar to “Manfaat Protein Whey dan Kasein”

Leave a Reply:

Popular Posts