telur ayam kampung
Telur ayam kampung mempunyai karakter unik dibanding telur ayam ras. Disamping itu masih banyak misteri yang perlu diketahui peternak dalam budidaya ayam kampung. Telur dalam budidaya ayam kampung merupakan tantangan pertama bagi peternak dalam beternak. Dengan mengetahui segala sesuatu tentang telur ayam kampung baik itu karakter, jenis, keunggulan dan juga tips menarik tentang telur ayam diharapkan peternak mampu meningkatkan produktifitas hasil ternak.

Melalui posting ini penulis mencoba berbagi tentang telur ayam kampung dengan harapan untuk mengetahui jenis telur ayam kampung yang baik dan bagaimana mengembangkan kualitas dari telur itu sendiri. Sehingga tujuan bisnis ayam kampung akan telur tetas dapat optimal.

Spesifikasi Telur Ayam Kampung
1. Berat
Telur ayam kampung memiliki berat 26,27-55,4 gr dengan rataan 45,46 telur lebih kecil dari telur ayam ras
2. Ukuran
Telur ayam kampung lebih kecil dari telur ras dengan panjang sekitar 5 cm. Bentuk lonjong atau meruncing untuk calon jantan dan oval rata calon betina
3. Warna
Telur berwarna putih (tidak terlalu putih) kemerah-merahan, ada pula yang berwarna sedikit merah kecoklatan. Dari segi warna untuk kualitas telur unggul kami lebih memilih warna sedikit putih, merah dan dominan kecoklatan.
4. Bentuk
Kulit atau kerabang telur halus dan bila diraba tidak ada kapur (sedikit kasar)

Proses terjadinya telur
Tahukah anda tentang proses terjadinya telur? Nah mari kita bahas secara umum saja. Dimana tempat pertama terjadi perkembangan telur? Yup, ovarium. Ovarium adalah organ reproduksi ayam yang berupa gerombolan bulatan mirip anggur. Folikel atau kuning telur diletakkan di sana. Disinilah telur mulai berkembang dan tumbuh. Setelah dibuahi maka telur akan jatuh pada saluran telur. Disaluran telur ini tempat dimana putih telur dibuat (albumen). Proses selanjutnya adalah membungkus kuning telur tersebut dengan albumen. Ini sebabnya kuning telur berada di tengah. Perlu 24-26 jam hingga proses telur utuh dan siap diletakkan.

Memilih telur ayam kampung
Seperti halnya jenis ayam leghorn (lehor) maka hasil telur juga akan mempengaruhi kualitas dan jenis telur ayam. Warna kulit telur tergantung dengan gen betina itu sendiri. Betina yang memiliki lobus (daun telinga) berwarna putih maka telur yang dihasilkan berwarna putih. Sedangkan betina yang memiliki lobus berwarna merah maka telur yang dihasilkan akan berwarna cokelat. Lihat broiler putih dan broiler putih. Pada kenyataannya sekarang ini peternak sulit mendapatkan telur ayam kampung. Banyak penjual yang menjual telur ayam kampung dari jenis ayam arab. Sepintas telur ayam arab seperti telur ayam kampung. Namun jika diteliti maka terlihat jelas perbedaan antara telur ayam kampung dengan telur ayam arab. Berikut perbedaannya :
telur ayam kampung1. Kerabang telur ayam kampung berwarna putih agak kecoklatan atau kemerahan sedangkan telur arab lebih putih
2. Bentuk telur ayam kampung walaupun calon betina terlihat oval sedangkan telur ayam arab sedikit lebih bulat
3. Telur ayam kampung lebih halus ketika diraba sedangkan telur ayam arab akan timbul beberapa bencolan
4. Volume kuning telur akan lebih besar dan berwarana kuning tua (ayam arab) sedangkan telur ayam kampung asli lebih kuning.
5. Untuk memilih telur ayam kampung disarankan yang berwarna kecokelatan untuk meminimalisasi kesalahan pemilihan telur tetas. 

date Minggu, 16 September 2012

0 komentar to “MANFAAT TELUR AYAM KAMPUNG”

Leave a Reply:

Popular Posts